Monday, April 24, 2017

7 Fakta Unik Tentang `Kentut` Yang Perlu Kamu Ketahui

FAKTA UNIK KENTUT
Pernahkah kalian mengalami kentut didepan umum, rasanya pasti ingin menenggelamkan diri kedalam bumi yang paling dalam. Kentut mungkin memang menjadi hal yang memalukan bila terjadi didepan umum. Namun tahukah kalian,  bahwa kentut merupakan proses normal yang dilakukan oleh tubuh kita. 


Bicara tentang kentut, tahukah kalian dalam sehari rata-rata orang sehat akan kentut lebih dari 10 kali. Kentut terkadang menjadi masalah yang serius bagi kita, karena disaat kita salah target mengeluarkan kentut, maka kita akan menjadi bahan tertawaan dan bahkan jadi bahan ejekan teman-teman kita. Untuk kalian yang penasaran tentang kentut, berikut ini 7 Fakta Unik Tentang "Kentut" Yang Perlu Kamu Ketahui.

1. Apa itu kentut?
Kentut atau dalam bahasa kedoktoran disebut “flatulensi” merupakan proses keluarnya gas dari anus akibat akumulasi gas dalam perut. Kentut yang keluar bisa tidak beraroma dan bisa juga berbau busuk. Gas yang masuk dalam tubuh kita dalam sehari bisa mencapai 7 hingga 10 liter, agar tidak mengganggu kerja tubuh kita, gas tersebut harus dikeluarkan. Gas tersebut akan keluar melalui sendawa dan melalui kentut. Lantas kenapa gas yang masuk kedalam tubuh kita bisa begitu banyak, ketika kita makan secara tidak sengaja kita menelan udara yang masuk melalui mulut, karena itu disarankan untuk tidak makan disaat berbicara dan tutuplah mulut disaat mengunyah makanan agar gas yang masuk tidak terlalu banyak.

2. Bagaimana proses terjadinya kentut?
Gas yang terkumpul didalam perut didorong melalui usus dan bergerak melalui anus, di tengah perjalanan menuju anus gelembung gas akan bergabung dengan gas-gas yang dihasilkan oleh metabolisme makanan diusus.

3. Berapa volume kentut dalam sekali produksi?
Sekali diproduksi volume kentut rata-rata setengah liter, jika gas yang ada didalam perut bisa mencapai 7 sampai 10 liter, maka kita harus kentut minimal 14 kali sehari. Jika kalian kentut sehari 10 sampai 20 kali dan sempat dicap sebagai tukang kentut, maka tidak perlu khawatir karena masih dianggap normal.

4. Benarkah pria lebih sering mengeluarkan kentut dibandingkan wanita?
Benar, karena gas yang masuk dalam tubuh pria lebih banyak dibandingkan wanita. Misalnya saja, pria lebih cepat dalam mengkonsumsi makanan dibandingkan wanita, dan gas yang  masuk melalui mulut akan lebih banyak karena disaat proses mengunyah yang cepat akan membuat mulut selalu dalam keadaan terbuka.

5. Benarkah kentut mudah terbakar?
Benar, karena kentut mengandung sejumlah gas metana dan hidrogen yang dapat membuat kentut mudah terbakar.

6. Berapa lama kentut akan keluar?
Kecepatan gas "kentut" yang keluar hanya sekitar 10-15 detik saja. walaupun terkadang sedikit terganggu, bau yang dikeluarkan oleh kentut akan cepat menghilang.

7. Tips mengurangi kentut
Mungkin jika kalian merasa minder dengan kentut yang berbau, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan.
  • Minum teh herbal
  • Hindari makanan yang memicu gas diperut, terlalu banyak makan makanan yang tinggi serat seperti kacang-kacangan dan umbi-umbian dapat memicu gas di perut
  • Kurangin minum minuman yang bersoda dan alkohol
  • Rutinlah berolahraga seperti  joging dan yoga, hal ini dapat mengurangi kentut yang berlebihan
  • Janganlah makan disaat berbicara dan mengunyah makanan dengan perlahan agar tidak terlalu banyak gas yang masuk melalui mulut

Itulah fakta-fakta unik tentang kentut, semoga dapat menambah wawasan kalian tentang kentut. Kentut merupakan hal yang wajar, akan tidak wajar jika keluarnya kentut di tempat  atau  dalam keadaan yang salah.

No comments:
Write komentar