Selasa, 10 Desember 2019

Inilah 4 Cara Menghindari Penipuan Belanja Online di Instagram

4 Cara Menghindari Penipuan Belanja Online di Instagram - Instagram sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang, bahkan Instagram juga sudah banyak digunakan oleh sekian banyak orang di dunia ini. 


Bisa anda bayangkan ada berapa orang yang sudah menggunakan Instagram ini ? mungkin sudah jutaan bahkan mungkin puluhan juta orang yang sudah menggunakannya. Oleh sebab itu anda tidak boleh sembarangan menggunakan media sosial khususnya Instagram ini.
Instagram ini telah banyak digunakan orang-orang untuk menjalin komunikasi dengan banyak orang di berbagai belahan dunia. Pasalnya dengan adanya media sosial harapannya adlah agar supaya anda lebih mudah berkomunikasi dengan banyak orang. Pasalnya dengan Instagram anda bisa lebih sering melihat konten-konten yang menarik dan dapat menghibur anda setiap harinya.


Meskipun saat ini banyak hal dan aktifitas lain yang dapat anda lakukan dengan Instagram anda perlu hati-hati saaat menggunakannnya, jangan sampai anda justru menyalah gunakan Instagram untuk kepentingan yang tidak baik. Anda perlu hati-hati dan waspada aan berbgai hal, jangan suka sembrono saat menggunakan Instagram ini, pasalnya sekarang ini banyak beredar penipuan melalui Instagram.

4 Cara Menghindari Penipuan Belanja Online di Instagram

Penipuan tersebut misalnya seperti penipuan beli barang online biasanya penipu memanfaatkan instagram untuk menipu target dengan memberikan iming-iming yang menggiurkan. Nah agar anda tidak termasuk kedalam salah satu target penipuan tersebut anda pelu menyimak beberapa ulasan di bawah ini:

1. Mintalah untuk menggunakan rekening bersama
Ketika anda hendak membeli barang yang sifatnya anda beli secara online maka akan lebih baik apabila anda menyarankan untuk melakukan pembelian dengan cara menggunakan rekening bersama, dimana hal itu di lakukan untuk membuat transaksi anda menjadi lebih aman dan minim dari target penipuan. Dengan melakukan transaksi rekening bersama ini anda akan lebih mudah memantau barang ayang hendak anda beli tersebut. 

2. Lebih teliti dalam membaca nama rekening
Biasanya toko online todak menggunakan rekening pribadinya untuk proses transaksi jual beli, oleh sebab itu anda harus hati-hati ketika anda diminta untuk mentransfer dana secara online namun barang yang anda beli belum anda terima.


Anda dapat melihat nama dari rekening yang meminta anda untuk mentransfer sejumlah dana tersebut, jika nama itu terlihat asing bagi anda atau tidak meyakinkan maka sebaiknya anda tidak melakukan transaksi tersebut agar uang anda juga tidak hilang sia-sia.

3. Jangan tergiur dengan jumlah like dan followers
Saat anda berbelanja di Instagram biasanya tak jarang anda juga melihat like yang begitu banyak terhadap produk tersebut. Dengan begitu mungkin anda akan berpikir wah yang like banyak spertinya akun ini menjual produk yang benar-benar bagus.

Nah pemikiran seperti itulah yang harus anda hindari atau anda tepis jauh-jauh, anda harus lebih hati-hati ketika akan membli barang dan melihat lebih jauh lagi seperti melihat bukti nyata atau ulasan-ulasan yang diberikan oleh  pembeli lainnya jangan hanya terpaku pada like atau follower yang bisa saja dibeli oleh pemilik akun untuk mengelabuhi kliennya.

4. Periksa deskripsi barang dengan teliti
Beli barang online memang tidaklah seakurat dengan yang biasa anda beli secara langsung, sebab dengan beli barang berbasis online anda tidak dapat melihat barang dengan jelas, anda tidak dapat menyentuhnya, tidak dapat memeriksanya secara langsung, jika anda orang beruntung mungkin barang yang anda beli akan sesuai dengan ekspektasi namun jika itu hanya tipu belaka maka anda akan mengalami kerugian yang cukup besar.


Saya pikir, dengan 4 Cara Menghindari Penipuan Belanja Online di Instagram diatas sudah cukup menjadi modal pengetahuan bagi anda agar tidak mudah tertipu oleh oknum penipuan di Instagram. Dan jika kalian mempunyai pengalaman yang lebih dibandingkan pembahasan di atas, atau bahkan kalian pernah ketipu dengan cara yang berbeda, silahkan share di kolom komentar ya, agar kita bisa membantu yang lain, Terimkasih.

Tidak ada komentar:
Write komentar

close
Banner iklan disini